Final_Project
Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Berbasis Website; Studi Kasus Universitas Trilogi
Proses penanganan gangguan teknologi informasi merupakan aktivitas yang penting sebagai sarana penunjang kebutuhan civitas Universitas Trilogi. Saat ini proses penanganan setiap laporan yang dilaporkan oleh user (Dosen dan Karyawan) masih dilakukan secara manual dengan cara user tersebut datang ke ruang teknisi IT, kemudian teknisi IT mencatat laporan tersebut dengan cara manual. Jika teknisi IT sudah memperbaikinya, laporan tersebut akan selesai begitu saja. Yang menjadi kendala adalah dengan jumlah sumber daya di bagian teknisi IT sedikit, sedangkan kegiatan yang berjalan di Universitas Trilogi sering terjadi gangguan teknologi informasi secara bersamaan, dengan tidak tersedianya sistem yang menampung data laporan, terkadang teknisi IT dibuat keliru dan lupa dengan beberapa laporan user (Dosen dan Karyawan) yang dilakukan secara bersamaan, hal ini tentunya menjadi salah satu faktor penghambat dalam proses penyelesaian gangguan atau permasalahan teknologi informasi pada Universitas Trilogi.
Melihat permasalahan yang ada, maka dibuat sebuah aplikasi helpdesk Universitas Trilogi berbasis website. Aplikasi ini dibuat untuk memperbaiki sistem manual yang telah ada menjadi terkomputerisasi. Dengan aplikasi ini, teknisi IT akan lebih mudah mengelola setiap data laporan gangguan teknologi informasi yang masuk, sehingga proses penanganan gangguan teknologi informasi pada Universitas Trilogi akan lebih efektif dan efisien.
Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL sebagai databasenya. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall, sedangkan untuk metode perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil akhir penelitian ini berupa sebuah aplikasi helpdesk berbasis website yang digunakan untuk membantu dan memudahkan proses penanganan gangguan teknologi informasi pada Universitas Trilogi.
SI 18/007 | Referensi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain