Text
Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Pada UMKM Sektor Kuliner
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah perindustrian
terbesar di Indonesia dalam menggerakkan perekonomian, terutama pada sektor kuliner.
Pertumbuhan UMKM sektor kuliner yang pesat merupakan masalah bagi pelaku UMKM,
karena banyaknya pesaing dalam sektor yang sama.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi keunggulan bersaing pada UMKM sektor kuliner. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel 100
responden. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM)
menggunakan pendekatan Partial Least Squares (PLS).
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi
kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Sedangkan, inovasi produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keunggulan
bersaing. Dan kelanggengan usaha bersifat positif, namun nilai p-value yang dihasilkan
>0,05 yang artinya tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing
SKR21/048 | SKR 21/048 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain