Final_Project
Strategi Pemsaran Ikan Pindang Tongkol dan Layang di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus UMKM Lima Putera Sejahtera Jakarta Selatan)
Nadya. Strategi Pemasaran Ikan Pindang Tongkol dan Layang di Masa Pandemi
Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Lima Putra Sejahtera, Jakarta Selatan). Dibimbing
oleh Muhamad Karim dan P. Setia Lenggono, 2021
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran ikan pindang di Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) Lima Putra Sejahtera yaitu salah satu UMKM yang
mengolah dan memasarkan ikan pindang yang diminati masyarakat karena nilai jual
olahannya terjangkau masyarakat. Namun, UMKM Lima Putra Sejahtera memiliki
kendala terkait pemasaran antara lain: (i) promosi belum optimal karena masih
bersifat konvensional, (ii) belum memiliki toko digital resmi, (iii) kurangnya
kemampuan UMKM dalam mengumpulkan informasi pasar, dan (iv) adanya
pandemi Covid-19 yang membuat pemasarannya semakin sulit. Tujuan penelitian
ini adalah (i) menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang
mempengaruhi pemasaran ikan pindang di UMKM Lima Putra Sejahtera, (ii)
mengidentifikasi strategi pemasaran ikan pindang yang telah dijalankan oleh
UMKM Lima Putra Sejahtera, dan (iii) memformulasikan strategi alternatif yang
tepat dalam memasarkan produk UMKM Lima Putra Sejahtera secara maksimal.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive
sampling. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa faktor internal yang paling
berpengaruh ialah kualitas ikan pindang yang baik. Faktor eksternal yang
berpengaruh yaitu nilai jual terjangkau semua lapisan masyarakat. Hasil analisis
QSPM disimpulkan bahwa prioritas strategi alternatif yang dapat diterapkan
terhadap UMKM Lima Putra Sejahtera adalah memperluas jaringan pemasaran ikan
pindang.
AGR 21/016 | Referensi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain