Final_Project
Analisis Strategi Bisnis UMKM Maju Jaya Dalam Menghadap New Normal di Kota Tegal
Usaha Kecil Menengah (UKM) Maju Jaya adalah UKM yang bergerak dalam
pengolahan hasil perikanan, dengan tujuan pemasarannya adalah daerah Kota
Tegal dan luar kota. Produk olahan ikan yang dijual terdiri dari: keong mas,
lumpia ikan, bakso ikan, empuk-empuk, otak-otak, kaki naga, nugget ikan,
tekwan serta dimsum ikan. Perusahaan ini terus melakukan inovasi baik dalam
proses produksi maupun produksinya. Sistem pemasaran yang masih tradisional
menjadi kendala dalam peningkatan jumlah produksi mengingat kondisi pandemi
saat ini mengakibatkan jumlah produksinya menurun hingga mencapai 50% -
70%. Penulis melakukan analisis strategi bisnis yang diterapkan di UKM Maju
Jaya. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling
yakni responden berperan sebagai exspert adjusment. Tujuan penelitian ini: 1).
Mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dan faktor
eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha UKM
Maju Jaya. 2). Merumuskan strategi alternatif dan urutan strategi prioritas yang
dapat diterapkan di UKM Maju Jaya agar usaha dapat berkembang. Hasil analisis
matriks IFE 2.94 dan EFE diperoleh nilai sebesar 3.18. Nilai ini menghasilkan
matriks IE pada posisi sel II yang mengandung arti bahwa sifat strategi adalah
tumbuh dan membangun. Hasil analisis IFE dan matriks EFE menghasikan enam
alternatif strategi prioritas. Hasil analisis matriks QSPM menghasilkan strategi
prioritas ialah meningkatkan promosi di berbagai situs media sosial dan pasar
nasional agar penjualan serta jangkauan pemasaran produk UKM Maju Jaya
mengalami peningkatan dan penyebarannya secara luas.
AGR21/019 | AGR 21/019 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain