Text
Analisis kemampuan menulis permulaan pada Siswa Kelas IIB SDN Jakasetia III Bekasi
Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa kelas rendah salah satunya ialah menulis permulaan agar nantinya tidak terhambat pada menulis lanjutan. Penelitian ini akan membahas mengenai kemampuan menulis permulaan siswa kelas IIB SDN Jakasetia III. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kemampuan menulis permulaan siswa, mendeskripsikan faktor yang menghambat menulis permulaan siswa, serta upaya guru mengatasi hambatan menulis permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa secara keseluruhan, terbilang belum maksimal. Mayoritas dari 27 siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan, yakni tahapan menulis huruf kecil/menulis narasi, tahap menulis huruf kapital pada permulaan kalimat, tahap menulis dengan huruf tegak bersambung, dan tahap menulis ejaan/tanda baca. Kemampuan yang paling dominan siswa miliki adalah menulis dengan huruf tegak bersambung. Faktor yang menghambat kegiatan menulis permulaan siswa, yaitu perkembangan motorik halus (kesalahan siswa saat memegang pensil), terganggunya persepsi visual dan persepsi auditori, serta kemampuan siswa dalam melakukan cross modal. Upaya untuk mengatasi hambatan menulis permulaan siswa dengan perencanaan pengajaran, motivasi siswa, dan guru sebagai pembimbing.
PGSD22/021 | PGSD 22/021 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain