Text
Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Pembelajaran Daring Di Rumah Pada Masa Pandemi (Studi Deskriptif Anak TK B di TK Pertiwi Abhilasa, 2020)
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan “Mendeskripsikan perilaku disiplin
anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan pembelajaran daring di rumah pada masa
pandemi di Sekolah TK Pertiwi Abhilasa, Jl. Daksinapati Timur Raya No.10,
RT.7/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta 13320” dengan menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan semua anak murid yang ada dalam
kelas TK B di Di TK Pertiwi Abhilasa, Jl. Daksinapati Timur Raya No.10,
RT.7/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta 13320. Jumlah anak murid di kelas TK B Pertiwi
Abhilasa pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 15 orang anak, yang terdiri
dari 7 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan
penjamin keabsahan data yang dilakukan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian yang didapat adalah perilaku disiplin anak usia 5-6 tahun
dalam kegiatan pembelajaran daring di rumah pada masa pandemi melalui tiga
indikator yaitu : kehadiran anak, partisipasi anak dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring, dan etika dan sopan santun anak dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran daring, sudah terlihat pada anak-anak kelas TK B Pertiwi Abhilasa.
Kata-kata kunci : Perilaku disiplin, Pembelajaran daring, Anak usia 5-6 Tahun
PAUD22/002 | PAUD 22/002 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain