CD-ROM
Pengaruh Strategi Bisnis Reputasi Perusahaan Digital Markerting Terhadap Kinerja Keuangan Yang di Mediasi Oleh Inovasi (Studi Kasus Pada Bisnis Yang Sedang di Inkubasi di PT.Kimia Farma TBK)
Strategi bisnis sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk mengembangkan
bisnisnya dan menghasilkan keuntungan. Strategi bisnis memiliki hubungan penting dengan
kinerja, terutama kinerja keuangan dan inovasi, yang saat ini dipengaruhi oleh aspek-aspek
seperti digital marketing dan reputasi perusahaan. Dari 2018-2021, PT Kimia Farma Tbk
memperluas bisnisnya dengan mengembangkan Marvee Aesthetic Clinic & Equitrust Lab,
yang menghasilkan pendapatan lebih dari 1 miliar tetapi masih memiliki profitabilitas negatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi bisnis, reputasi perusahaan,
dan digital marketing terhadap kinerja keuangan yang dimediasi oleh inovasi pada PT Kimia
Farma Tbk.
Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif, dimana data yang diperoleh kemudian
diolah dengan menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
hubungan positif dan signifikan dari strategi bisnis terhadap kinerja keuangan, inovasi
terhadap kinerja keuangan, reputasi perusahaan terhadap inovasi, digital marketing terhadap
inovasi dan inovasi dapat memediasi antara reputasi perusahaan terhadap kinerja keuangan.
Namun inovasi tidak memadai menjadi variable perantara antara strategi bisnis terhadap
kinerja keuangan dan antara digital marketing terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian
juga menunjukan bahwa tidak ada hubungan antara digital marketing terhadap kinerja
keuangan, reputasi perusahaan terhadap kinerja keuangan dan strategi bisnis terhadap inovasi.
Keywords
Strategi Bisnis, Reputasi Perusahaan, Digital Marketing, Inovasi, Kinerja Keuangan
TES22/029 | TES22/029 | Prodi Magister Manajemen | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain