PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Siswa Kelas III Pada Program MBKM Kampus Mengajar di SDS Bunayan Islamic School Jakarta Selatan

Tina Eltina - Nama Orang - Pengarang Utama; Rudi Ritonga - Nama Orang - Pembimbing;

Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang diselenggarakan secara sistematis dan tepat sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk memecahkan beragai masalah dalam kehidupan sehari-hari, dibutuhkan untuk meningkatkan daya pikir serta memiliki keterkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain. Matematika sangat penting untuk dipelajari. Namun mempelajari matematika yang abstrak ini masih dianggap sulit bahkan tidak sedikit dari siswa yang merasa takut untuk mempelajari matematika. Jadi dibutuhkan usaha yang maksimal, ketekunan dan pantang menyerah. Oleh karena itu untuk mencapai hasil belajar yang optimal diperlukan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil obervasi di kelas III SDS Bunayya Islamic School membukitikan bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat seperti pendekatan kooperatif.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan kooperatif pada siswa kelas III di SDS Bunayya Islamic School. Pendekatan kooperatif dipilih oleh peneliti mengingat dapat memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, percaya diri, menghargai sesama, disiplin, kompetitif, sportif, kerja sama dan keterlibatan belajar seluruh siswa.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dan hasilnya dianalisis secara kualitatif. Perolehan hasil aktivitas siswa dalam menerapkan pendekatan kooperatif pada siklus I sebesar 68%, siklus II 77% dan bertambah pada siklus yaitu III 89%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan pendekatan yang sama, yakni siklus I sebesar 67%, siklus II 86% dan bertambah pada siklus yaitu III 93%.
Berdasarkan data tersebut, terbukti bahwa hasil belajar matematika siswa dapat meningkat melalui pendekatan kooperatif. Temuan tersebut diharapkan bisa menjadi solusi dalam masalah hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Disarankan untuk menjalin kerja sama yang baik antara pihak sekolah, orang tua, lingkungan masyarakat, dan instansi terkait meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
PGSD23/049PGSD 23/049Prodi PGSDTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 23/049
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tina Eltina
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik