PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Melalui Pendekatan Kontekstual Siswa kelas III Pada Program MBKM Kampus Mengajar SDN Banjarsari Kabupaten Lebak-Banten

Imi Rukmini - Nama Orang - Pengarang Utama; Rudi Ritonga - Nama Orang - Pembimbing;

Literasi awalnya hanya dimaknai sebagai kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan menyimak. Kini, literasi memiliki makna yang lebih mendalam menjadi kemampuan untuk menggunakan, memahami, dan menciptakan referensi yang dibaca dan dikomunikasikan secara fleksibel dalam situasi yang berbeda. Data dari beberapa lembaga menunjukkan bahwa Indonesia dalam keadaan darurat literasi. Berdasarkan realita tersebut, pemerintah menggalakkan program literasi dalam kurikulum 2013. Literasi dalam pembelajaran bersinggungan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan secara komprehensif. Hasil obervasi di kelas III SDN 1 Banjarsari membukitikan bahwa kemampuan membaca dan berbicara siswa masih rendah. Sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang tepat seperti pendekatan kontekstual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas III di SDN 1 Banjarsari . Pendekatan kontekstual dipilih oleh peneliti mengingat siswa usia sekolah dasar berada dalam tahap operasional konkret. Siswa akan lebih mudah memahami pengetahuan baru apabila disajikan secara visual, nyata, dan berada pada lingkungan sekitarnya.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus dan hasilnya dianalisis secara kualitatif. Perolehan hasil kemampuan literasi siswa pada pretest sebesar 47%. Meningkat angkanya pada siklus I menjadi 67% dan 77% pada siklus II. Pada siklus III hasilnya mencapai 87%. Sementara perolehan hasil aktivitas siswa dalam menerapkan pendekatan kontekstual pada siklus I sebesar 52%, 74% pada siklus II, dan bertambah menjadi 89% di siklus III. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas guru dengan pendekatan yang sama, yakni 72% pada siklus I, 85% di siklus II, dan pada siklus III mencapai 96%.
Berdasarkan data tersebut, terbukti bahwa literasi bahasa dapat meningkat melalui pendekatan kontekstual. Temuan tersebut diharapkan bisa menjadi solusi dalam masalah penerapan budaya literasi di sekolah dasar. Disarankan untuk menjalin kerja sama yang baik antara pihak sekolah, orang tua, lingkungan masyarakat, dan instansi terkait untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa sehingga dapat menjadi manusia yang literat


Ketersediaan
PGSD23/046PGSD23/046Prodi PGSDTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD23/046
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Imi Rukmini
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik