PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangkaian listrik di Kelas VI SD Bunayya Islamic School

Text

Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangkaian listrik di Kelas VI SD Bunayya Islamic School

Nurul Ismi - Nama Orang - Pengarang Utama; Rudi Ritonga - Nama Orang - Pembimbing;

Secara umum, ilmu pengetahuan alam merupakan pengetahuan ilmiah yaitu pengetahuan yang telah mengalami uji kebenaran melalui metode ilmiah dengan pokok bahasan yang berkaitan dengan alam dan segala isinya. Dengan mempelajari fenomena alam, diharapkan peserta didik mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang berkaitan dengan kondisi alam di masa yang akan datang. Dalam proses pembelajaran IPA, penanaman konsep yang baik dan benar sangat diperlukan, karena IPA merupakan pengetahuan berkelanjutan dari tingkat dasar ketingkat yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil observasi awal, menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VI di SD Bunayya Islamic School masih ada yang di bawah standar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebanyak 22 siswa adalah 66,89 dengan siswa yang mencapai ketuntasan klasikal berjumlah 22 % yang terdiri atas siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang rangkaian listrik di kelas VI SD Bunayya Islamic School melalui metode Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VI SD Bunayya Islamic School, pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 14 putra dan 8 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berupa tes pretes diawal siklus dan postes diakhir siklus, observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dan dokumentasi berupa video dan foto dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan presentase sebesar 66,25% dan pada siklus II sebesar 84 % atau mengalami peningkatan sebesar 17,75 %. Hasil belajar siswa mendapatkan presentase pada siklus I sebesar 63%, pada siklus II mendapatkan presentase 86% atau mengalami peningkatan sebesar 23 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VI SD Bunayya Islamic School.


Ketersediaan
PGSD23/050PGSD 23/050Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 23/050
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurul Ismi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik