Text
Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis video terintegrasi pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN Pengadegan 07 Jakarta
Memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran yang sesuai kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan. Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang mengharuskan peserta didik melakukan praktik percobaan dari penjelasan materi. Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis video dirancang dengan gambar-gambar animasi, serta penjelasan audio. Media pembelajaran berbasis video terintegrasi pendekatan inkuiri sebagai pengembangan media pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melakukan praktik percobaan dari materi sifat-sifat cahaya. Penelitian dengan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan kerangka pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran PA berbasis video memperoleh skor rata-rata 94% dari ahli media, 100% ahli materi, 94% ahli bahasa, dan 100% praktisi. Rata-rata yang di hasilkan maka produk dapat di kategorikan sangat valid untuk di gunakan. Penelitian pada siswa tahap uji coba lapangan memperoleh skor 85% yang dikategorikan sangat efektif dengan perhitungan N-Gain Score. Media pembelajaran IPA berbasis video pada tema 5 "Pahlawanku" terbukti memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Hasil nilai siswa meningkat sebesar 28,25 yaitu persentase rata-rata nilai pre-test 62,25 da rata-rata persentase nilai post-test siswa 90,5, semua siswa kelas IV SDN Pengadegan 07 Jakarta dinyatakan lulus standar KKM 75 pembelajaran IPA
PGSD23/029 | PGSD 23/029 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain