Text
Pengembangan media pembelajaran komik digital matematika berbasis budaya Betawi siswa kelas IV SDN Balimester 03 Petang
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran komik digital berbasis budaya betawi pada siswa kelas IV SDN Balimester 03 Petang, mengetahui kelayakan dari media pembelajaran komik digital berbasis budaya betawi pada siswa kelas IV SDN Balimester 03 Petang, mengetahui efektivitas dari media pembelajaran komik digital berbasis budaya betawi pada siswa kelas IV SDN Balimester 03 Petang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick&Carey yang terdiri dari (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisi karakter peserta didik, (4) merumuskan tujuan masalah, (5) mengembangkan instrumen penelitian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) memilih dan mengembangkan media pembelajaran, (8) rancangan evaluasi formatif, (9) revisi pada bahan ajar. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas IV/A SDN Balimester 03 Petang peserta didik dengan uji coba skala kecil 10 orang, uji coba skala besar 16 orang. Hasil penelitian ini menunjukan, (1) langkah-langkah pembuatan media pembelajaran komik digital matematika berbasis budaya betawi , (2) kelayakan media pembelajaran yang telah di validasi oleh ahli design dengan kategori layak 87%, ahli media dengan kategori layak 100%, ahli bahasa kategori layak 88%, (3) efektivitas pada peserta didik dilihat dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran pada skala kecil sebelum menggunakan media komik digital yaitu 70 dan sesudahnya menjadi 78, begitu juga pada skala besar rata rata sebelum menggunakan media komik digital 69,37 dan setelahnya menjadi 78,75. Hasil dari skala kecil dan besar dilakukan uji normalitas gain dan menghasilkan 0,3 dengan kriteria efektifitas sedang.
PGSD24/013 | PGSD 24/013 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain