PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Etnomatematika melalui ragam motif batik betawi terhadap kemampuan literasi numerisasi siswa kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi

Text

Pengaruh Etnomatematika melalui ragam motif batik betawi terhadap kemampuan literasi numerisasi siswa kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi

Khairunnisa - Nama Orang - Pengarang Utama; Winda Amelia - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Etnomatematika Melalui Ragam Motif Batik Betawi terhadap Kemampuan Literasi Numerisasi siswa kelas IV pada materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi dengan sampel siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2023/2024, Sampel diambil menggunakan teknik Single- Stage Chester Sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk uraian yang telah tervalidasi secara teoritis dan empiris. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors Shapiro-Wilk, uji homogenitas dengan uji Bartlett, dan uji Hipotesis dengan uji-t. Adapun hasil analisis penelitian diketahui rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen sebesar 6,73 dan post-test sebesar 8,50 terlihat adanya peningkatan sebesar 1,77 poin pada kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan etnomatematika lebih besar dibanding kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, hipotesis alternatif dapat diterima dan disimpulkan bahwa penerapan etnomatematika melalui ragam motif batik Betawi berpengaruh positif dan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerisasi siswa.


Ketersediaan
PGSD24/010PGSD 24/010Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGSD 24/010
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGSD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Elementary school teaching
Trilogi University--Elementary schools
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Khairunnisa
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik