Text
Pengaruh Etnomatematika melalui ragam motif batik betawi terhadap kemampuan literasi numerisasi siswa kelas IV SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Etnomatematika Melalui Ragam Motif Batik Betawi terhadap Kemampuan Literasi Numerisasi siswa kelas IV pada materi bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cipinang Besar Selatan 20 Pagi dengan sampel siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2023/2024, Sampel diambil menggunakan teknik Single- Stage Chester Sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental research) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal berbentuk uraian yang telah tervalidasi secara teoritis dan empiris. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors Shapiro-Wilk, uji homogenitas dengan uji Bartlett, dan uji Hipotesis dengan uji-t. Adapun hasil analisis penelitian diketahui rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen sebesar 6,73 dan post-test sebesar 8,50 terlihat adanya peningkatan sebesar 1,77 poin pada kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan etnomatematika lebih besar dibanding kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, hipotesis alternatif dapat diterima dan disimpulkan bahwa penerapan etnomatematika melalui ragam motif batik Betawi berpengaruh positif dan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerisasi siswa.
PGSD24/010 | PGSD 24/010 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain