Text
Analisis pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, insentif pajak, sanksi perpajakan, dan pemanfaatan e-filing terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM (studi kasus: UMKM Pasar Rangkasbitung)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, sosialisasi perpajakan, insentif pajak, sanksi perpajakan, dan pemanfaatan e-filing terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM di Pasar Rangkasbitung. Kepatuhan wajib pajak merupakan faktor penting dalam meningkatkan penerimaan pajak negara, terutama di sektor UMKM yang memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 111 responden pelaku UMKM di Pasar Rangkasbitung. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan, insentif pajak, sanksi perpajakan dan pemanfaatan e-filing berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, namun pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.
AKU25/007 | AKU 25/007 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain