Text
Pengaruh digitalisasi peningkatan fasilitas layanan terhadap minat masyarakat untuk menggunakan kapal laut di PT. Dharma Lautan Utama cabang Balikpapan
Sebagai salah satu moda transportasi utama yang menghubungkan pulau-pulau di Indonesia, kapal laut menawarkan solusi yang efektif dan efisien untuk pengangkutan barang dan penumpang. Namun, di era digital yang semakin maju, ekspektasi masyarakat terhadap layanan transportasi laut juga mengalami perubahan. Masyarakat kini menuntut layanan yang lebih cepat, aman, nyaman, dan mudah diakses. Oleh karena itu, digitalisasi dan peningkatan fasilitas layanan menjadi langkah strategis yang penting bagi operator kapal laut di PT. Dharma Lautan Utama cabang Balikpapan untuk meningkatkan minat masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digitalisasi dan peningkatan fasilitas layanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan kapal laut di PT. Dharma Lautan Utama cabang Balikpapan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin. Sampel yang memenuhi kriteria berjumlah 100 responden. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 4.1.0.9. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara digitalisasi terhadap minat masyarakat dalam menggunakan kapal laut di PT. Dharma Lautan Utama cabang Balikpapan, dengan hasil p-values sebesar 0,127 dan nilai t-statistics sebesar 1,525, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peningkatan fasilitas layanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan kapal laut di PT. Dharma Lautan Utama cabang Balikpapan, dengan hasil p-values sebesar 0,000 dan nilai t-statistics sebesar 5,410.
SKR25/038 | SKR 25/038 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain