Text
Penerapan model realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi unsur-unsur bangun dasar siswa kelas III SDN Tebet Timur 07 Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi unsur-unsur bangun datar. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas III SDN Tebet Timur 07, Jakarta Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes sumatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan RME, rata-rata nilai siswa hanya 65,33%. Setelah penerapan model RME pada siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 74,9%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 84,6% dan seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar (100%). Model RME terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan kontekstual. penggunaan media konkret, serta pelibatan aktif siswa dalam diskusi kelompok dan pemecahan masalah.
PGSD25/017 | PGSD 25/017 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain