Text
Pengembangan media pembelajaran metaverse galery untuk meningkatkan pengetahuan keberagaman budaya Indonesia siswa kelas V SDN Tebet imur 07
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi digital berupa Metaverse Gallery guna meningkatkan pengetahuan keberagaman budaya Indonesia Siswa kelas V di SDN Tebet Timur 07. Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap materi keberagaman budaya yang selama ini disampaikan secara konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media dikembangkan menggunakan platform Spatial.io dan divalidasi oleh ahli materi, media, dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori "sangat layak" dengan skor rata-rata 87,3%. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yaitu kelompok kecil dan besar, menunjukkan kepraktisan penggunaan dengan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 89%. Efektivitas media dibuktikan melalui peningkatan nilai pretest dan posttest siswa, dengan nilai N-gain sebesar 0,76 (kategori tinggi). Kesimpulannya, media Metaverse Gallery efektif, praktis, dan layak digunakan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk memperkenalkan keberagaman budaya Indonesia secara interaktif dan menyeluruh.
PGSD25/015 | PGSD 25/015 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain