Text
Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan (studi kasus : CV. Mitra Tani Farm, Kabupaten Bogor)
"Penelitian in mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan CV. Mitra Tani Farm, untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan CV. Mitra Tani Farm, dan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan CV. Mitra Tani Farm. Penelitian ini menggunakan analisis SEM
(Structural Equation Modelling) PLS untuk mengukur signifikansi pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dalam membangun loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, penclitian juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dikarenakan aspek- aspek pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kecepatan dan keramahan dalam melayani pelanggan, menjaga lingkungan perusahaan yang bersih dan nyaman, serta terbuka terhadap kritik dan saran dari pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dikarenakan kepuasan pelanggan tidak mampu secara langsung meningkatkan loyalitas pelanggan. Salah satu aspek kualitas pelayanan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap kepada pelanggan serta menyediakan produk yang lengkap setiap waktu"
AGR25/011 | AGR 25/011 | Prodi Agribisnis (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain