Text
Implementasi kemandirian anak melalui kegiatan makan bersama di TK Regina Pacis Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kemandirian anak melalui kegiatan makan bersama di TK Regina Pacis Bogor dan untuk mengetahui adanya faktor pendukung dan penghambat implementasi kemandirian anak melalui kegiatan makan bersama di TK Regina Pacis Bogor. Jenis penelitian ini ialah deskripti kualitatif dengan subjek penelitian anak-anak kelas A2, kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Kemandirian dapat dilatih melalui pembiasaan dalam melakukan tahapan makan secara rutin tanpa bantuan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kemandirian anak melalui kegiatan makan di kelas A2 yang dilakukan secara runut dalam setiap tahapan yakni tahap persiapan, pelaksanaan dan penutupan dan kegiatan ini dilakukan secara berulang dan dengan pendampingan guru, implemetasi kemandirian anak melalui kegiatan makan bersama berjalan baik dan efektif dimana anak telah melakukan kegiatan secara mandiri tanpa bantuan guru. Bekal yang variasi dan pemberian reward dari guru menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan makan. Sedangkan porsi makanan yang terlalu banyak dan adanya jenis makanan yang kurang disukai anak menjadi penghambat.
| PGPAUD25/015 | PGPAUD 25/015 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain