Text
Kemampuan kerja sama anak usia dini melalui kegiatan piket kelas
Salah satu permasalahan yang sering muncul pada anak usia dini adalah kesulitan dalam bekerja sama dengan teman sebaya. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang berbagi, keinginan untuk mendominasi permainan, atau kurangnya keterampilan sosial dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, kegiatan piket kelas dilakukan untuk membantu anak mengembangkan kemampuan bekerja sama sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat kegiatan piket kelas bagi anak usia dini dalam mendukung perkembangan karakter dan keterampilan sosial. Subjek penelitian melibatkan 30 siswa, terdiri dari 20 perempuan dan 10 laki-laki, yang berpartisipasi dalam kegiatan di Rumah Literasi 45 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan piket kelas bekontribusi positif terhadap kerja sama dan tanggung jawab anak usia dini. Melalui pembiasaan yang konsisten, anak belajar menyelesaikan tugas sederhana, saling membantu, dan saling berkomunikasi.
| PGPAUD25/016 | PGPAUD 25/016 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain