Text
Pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan PAUD kelurahan Kampung Melayu "Jakarta Timur"
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya lingkungan fisik yang mendukung proses belajar anak usia dini, naik dari aspek kenyamanan, keamanan, maupun ketersediaan fasilitas pembelajaran yang sesuai. Namun, kondisi di lapangan menunjukan bahwa belum seluruh satuan PAUD mampu mengelola potensi lingkungan secara optimal sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumentasi terhadap tiga satuan PAUD yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat keterbatasan dalam penempatan elemen lingkungan fisik, baik di area indoor maupun outdoor, serta minimnya pengetahuan guru dalam mengelola dan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan peningkatan kapasitas guru dalam meraneang pembelajaran berbasis lingkungan fisik sekitar, agar dapat mendukung perkembangan holistik anak secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik, pengelola PAUD, dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar anak usia dini.
| PGPAUD25/017 | PGPAUD 25/017 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain