PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan PAUD kelurahan Kampung Melayu

Text

Pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan PAUD kelurahan Kampung Melayu "Jakarta Timur"

Ipani Fitriani - Nama Orang - Pengarang Utama; Mia Rachmawaty - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di wilayah Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur. Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya lingkungan fisik yang mendukung proses belajar anak usia dini, naik dari aspek kenyamanan, keamanan, maupun ketersediaan fasilitas pembelajaran yang sesuai. Namun, kondisi di lapangan menunjukan bahwa belum seluruh satuan PAUD mampu mengelola potensi lingkungan secara optimal sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan pengumpulan dokumentasi terhadap tiga satuan PAUD yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat keterbatasan dalam penempatan elemen lingkungan fisik, baik di area indoor maupun outdoor, serta minimnya pengetahuan guru dalam mengelola dan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, diperlukan peningkatan kapasitas guru dalam meraneang pembelajaran berbasis lingkungan fisik sekitar, agar dapat mendukung perkembangan holistik anak secara optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik, pengelola PAUD, dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas lingkungan belajar anak usia dini.


Ketersediaan
PGPAUD25/017PGPAUD 25/017Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGPAUD 25/017
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGPAUD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Early childhood education
Trilogi University--Early childhood education
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ipani Fitriani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik