Text
Pengaruh modifikasi media pembelajaran balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan
Studi ini adalah penelitian pra-eksperimental yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh modifikasi media pembelajaran balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan, baik sebelum maupun setelah perlakuan diberikan. Penelenggaraan penelitian ini dilakukan di BKB PAUD Mawar RW 01 yang terletak di JI. Kebon Bawang X No. 12, RT. 9/RW. 1, Kb. Bawang, Kec. Tj. Priok, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14320. Variabel yang bebas dalam studi in adalah modifikasi media pembelajaran balok angka, sedangkan variabel yang terikat adalah kemampuan untuk mengenal lambang bilangan. Populasi yang diteliti terdiri dari 32 anak kelompok B yang berada di BKB PAUD Mawar RW 01. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian in adalah total keseluruhan dari jumlah populasi, dengan rincian 13 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan melalui lembar pre-test serta post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test) dengan tingkat signifikansi 5% atau a = 0,05. Perhitungan data yang diperoleh menghasilkan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 yang berada di bawah batas signifikansi 0,05 dengan perolehan nilai rata-rata pre-test lebih kecil dari pada rata-rata post-test yaitu 71,88 < 85,63, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modifikasi media pembelajaran balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan.
| PGPAUD25/006 | PGPAUD 25/006 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain