PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI

  • Beranda
  • E-Library
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • E-Resources
    Trilogi Free Journal Perpustakaan Nasional
      E-Resources Perpusnas Indonesia OneSearch
    Gale
      Business & Economic Science & Engineering Social & Humanities
  • Area Member
    Masuk Form Pengunjung
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan menggunting

Text

Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan menggunting

Azari Wulan Rahmasari - Nama Orang - Pengarang Utama; Dhita Paranita Ningtyas - Nama Orang - Pembimbing;

Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PAUD Kamboja melalui kegiatan Menggunting. Motorik halus merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan anak khususya untuk persiapan kemampuan menulis yang baik dengan melibatkan kemampuan kontrol gerakan otot kecil dan saraf pada jari tangan dan koordinasi dengan mata, sehingga sangat perlu distimulasi sejak dini agar anak siap dan mampu menulis dengan baik di waktu yang tepat. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dengan model Kemmis & McTaggart yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Kamboja. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas di PAUD Kamboja menunjukkan bahwa kegiatan menggunting efektif meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Peningkatan terlihat pada aspek koordinasi mata-tangan, konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan, serta kegiatan ini juga menumbuhkan kemandirian, percaya diri, dan kreativitas. Hail penelitian menunjukkan peningkatan sebesar 41,6% dengan persentase Pra Tindakan sebesar 40% menjadi 81,6% pada Tindakan Siklus I, kemudian pada Tindakan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,1% dengan persentase akhir sebesar 94,7%.


Ketersediaan
PGPAUD25/011PGPAUD 25/011Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis)Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PGPAUD 25/011
Penerbit
Jakarta : Universitas Trilogi., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
PGPAUD
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Early childhood education
Trilogi University--Early childhood education
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Azari Wulan Rahmasari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TRILOGI
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNIVERSITAS TRILOGI merupakan Pusat Informasi dan sumber belajar yang mempunyai fungsi utamanya adalah menunjang pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. 

1. Membantu terlaksananya pendidikan dan pengajaran yang menuju suatu keahlian professional 

2. Menyediakan koleksi yang memadai demi terlaksananya penelitian terapan 

3. Menjadikan koleksinya sebagai penunjang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik