Text
Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui kegiatan menggunting
Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PAUD Kamboja melalui kegiatan Menggunting. Motorik halus merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan anak khususya untuk persiapan kemampuan menulis yang baik dengan melibatkan kemampuan kontrol gerakan otot kecil dan saraf pada jari tangan dan koordinasi dengan mata, sehingga sangat perlu distimulasi sejak dini agar anak siap dan mampu menulis dengan baik di waktu yang tepat. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas sebagai pelaksana tindakan, dengan model Kemmis & McTaggart yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PAUD Kamboja. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas di PAUD Kamboja menunjukkan bahwa kegiatan menggunting efektif meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun. Peningkatan terlihat pada aspek koordinasi mata-tangan, konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan, serta kegiatan ini juga menumbuhkan kemandirian, percaya diri, dan kreativitas. Hail penelitian menunjukkan peningkatan sebesar 41,6% dengan persentase Pra Tindakan sebesar 40% menjadi 81,6% pada Tindakan Siklus I, kemudian pada Tindakan Siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,1% dengan persentase akhir sebesar 94,7%.
| PGPAUD25/011 | PGPAUD 25/011 | Prodi PGPAUD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain