Text
Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran aktif role play di kelas 11 SDN Lagoa 09 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 11 SDN Lagoa 09 Jakarta melalui penerapan model pembelajaran aktif Role Play , Sebelum penerapan model ini, observasi awal menunjukkan bahwa koterampilan berbicara siswa masih rendah, dengan banyak siswa merasa canggung dan kesulitan berbicara di depan kelas. Data pra-siklus menunjukkan rata-rata skor keterampilan berbicara siswa sebesar 63,4, dengan hanya 3 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu skor 270, sementara 25 siswa belum tuntas. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional yang digunakan sebelumnya, seperti ceramah dan latihan tertulis, tidak eukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara, penelitian ini menerapkan model Role Play , yang memungkinkan siswa untuk berlatih berbicara dalam skenario yang lebih relevan dan menyenangkan. Pada Siklus I, siswa diminta untuk berperan dalam skenario seperti "pembeli dan penjual di pasar", yang memberikan kesempatan bagi mereka untuk menggunakan kosakata yang sesuai dan berbicara dengan ekspresi yang tepat. Hasil Siklus 1 menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan rata-rata skor siswa meningkat menjadi 74,7 dan jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat dari S menjadi 9 siswa. Pada Siklus II, model Role Play diterapkan lebih intensif dengan skenario yang lebih variatif: Guru memberikan bimbingan lebih mendalam kepada siswa yang mash kesulitan, terutama dalam pengucapan dan penyusunan kalimat. Hasil Siklus Il menunjukkan bahwa seluruh siswa (100%) berhasil mencapai KKM, dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,2. Penerapan Role Play terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, tidak hanya dalam hal penggunaan kosakata yang tepat dan bervariasi, tetapi juga dalam keberanian siswa untuk berbicara di depan kelas dengan espresi dan nada suara yang sesuai.
| PGSD25/018 | PGSD 25/018 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain