Text
Pengembangan media ticasa untuk meningkatkan pemahaman bilangan besar siswa kelas III SDN Bukit Duri 01 Jakarta
Pemahaman konsep bilangan besar mash menjadi tantangan bagi siswa kelas III SD, terutama karena kurangnya media konkret yang mendukung pembelajaran abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan serta efektivitas media pembelajaran TICASA (Magnetic Bilangan Besar) dalam meningkatkan pemahaman bilangan besar. Penelitian dilakukan di SDN Bukit Duri 01 Jakarta dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dokumentasi, serta pretest dan posttest. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain, dengan hasil kelayakan masing-masing sebesar 94% dan 93%. Media kemudian diuji pada kelompok kecil (5 siswa), menengah (10 siswa), dan besar (24 siswa). Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman siswa secara signifikan, dengan rata-rata N-Gain mencapai 0,81 (kategori tinggi) dan tingkat kelayakan berturut-turut 73,23%, 81,41%, dan 81,74%. Siswa dan guru memberikan respons positif terhadap media, baik dari segi visualisasi maupun kemudahan penggunaan. TICASA terbukti membantu menjembatani konsep abstrak menjadi konkret, meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa. Kesimpulannya, media TICASA layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika untuk materi bilangan besar di kelas III SD. Penggunaan media ini disarankan untuk diterapkan secara luas dengan dukungan pelatihan dan pengembangan lanjutan.
| PGSD25/022 | PGSD 25/022 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain