Text
Pengembangan media pembelajaran matedi (matematika dimensi) bangun datar segi empat kelas V SDN Duren Tiga 09 Pagi Jakarta
Penelitian ini bertujuan mengembangkan medía pembelajaran matematika sekolah dasar bernama MATEDI (Matematika Dimensi) untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi karakteristik bangun datar segi empat di SDN Duren Tiga 09 Pagi Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan Adaian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall.
Subjek Penelitian adalah 28 peserta didik kelas V. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, angket, tes pretest-posttest, dan dokumentasi. Hasil validasi oleh ahli media dan materi menunjukkan kelayakan sangat tinggi, masing-masing 92% dan 96%. Uji coba skala kecil, terbatas dan besar menunjukkan kelayakan sangat tinggi, dengan persentase masing-masing 94%, 95% dan 96%. Hasil analisis
N- Gain pada skala kecil, terbatas dan besar menunjukkan efektivitas sangat tinggi, masing-masing memperoleh skor 0.73, 0.75 dan 0.80. Media ini juga mendapatkan tanggapan sangat positif dari peserta didik dan guru. Media MATEDI (Matematika Dimensi) berpotensi digunakan secara lebih luas sebagai alternatif pembelajaran matematika yang menarik, menyenangkan, dan mampu meningkatkan interaksi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam konteks pembelajaran karakteristik bangun datar segi empat di sekolah dasar.
| PGSD25/025 | PGSD 25/025 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain