Text
Pengembangan media pembelajaran diorama berbasis model kooperatif tipe student team achievement divison (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir krisis siswa kelas V SDN Gedong 01 Pagi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran secara nyata berupa media Diorama Keragaman Budaya Indonesiaku (DIKBON) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Gedong 01 Pagi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kompleksitas kehidupan masa depan agar mampu bersaing di dunia luar yang lebih lama khususnya pada kalangan pelajar tingkat dasar dimulai dari pemahaman materi belajar Keragaman Budaya Indonesiaku. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima (5) tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media DIKBON di uji kelayakan nya oleh tiga validator yaitu, ahli media dengan skor 92%, ahli materi dengan skor 90%, dan ahli bahasa dengan skor 90%. Uji lapangan juga dilakukan dan memperoleh kelayakan sebesar 93%. Efektivitas media DIKBON ditunjukkan melalui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,63 termasuk dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media DIKBON dinilai layak, praktis, dan cukup efektif digunakan sebagai salah satu media interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila khususnya pada materi Keragaman Budaya Indonesiaku.
| PGSD25/027 | PGSD 25/027 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain