Text
Meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III SDIT Nurul Falah Jakarta Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital melalui penerapan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 26 siswa kelas III SDIT Nurul Falah Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes unjuk kerja menulis. Hasil tes pra siklus menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis huruf kapital siswa sebesar 62,9 dengan hanya 5 siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I, setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual, rata-rata nilai meningkat menjadi 72,6 dengan 13 siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata nilai sebesar 83,2 dan seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu nilai minimal 75 dan minimal 85% siswa tuntas. Model pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis huruf kapital siswa kelas III sekolah dasar.
| PGSD25/031 | PGSD 25/031 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain