Text
Analisis pengaruh filter mobile banking dan user experience terhadap keputusan dan loyalitas nasabah pada bank syariah dengan nilai spiritual sebagai variabel moderasi
Studi ini menyelidiki dampak fitur mobile banking dan pengalaman pengguna terhadap loyalitas nasabah di perbankan Islam, dengan kepuasan nasabah sebagai mediator dan nilai spiritual sebagai moderator. Pendekatan kuantitatif diterapkan dengan mensurvei 196 nasabah bank Islam di Jabodetabek, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur mobile banking dan pengalaman pengguna secara signifikan meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Kepuasan nasabah juga memediasi hubungan antara kualitas layanan dan loyalitas. Namun, nilai spiritual tidak secara signifikan memoderasi hubungan antara fitur mobile banking atau pengalaman pengguna dengan kepuasan, menunjukkan bahwa evaluasi nasabah lebih dipengaruhi oleh aspek fungsional dan teknis daripada faktor spiritual. Temuan ini berkontribusi pada literatur perbankan digital Islam dan menyoroti perlunya bank untuk memprioritaskan inovasi, keandalan sistem, dan desain yang ramah pengguna dengan tetap mempertahankan kepatuhan Syariah sebagai standar minimum.
| TES25/082 | TES 25/082 | Prodi Magister Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain