Text
Pengembangan media pembelajaran kotak pintar Pendidikan Pancasila Berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN Cikoko 03 Pagi
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat peraga kotak pintar sebagai alat pembelajaran untuk pendidikan Pancasila untuk siswa kelas empat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima fase: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas empat dari SDN Cikoko 03 Pagi, 17 perempuan dan 12 laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Alat yang digunakan meliputi pedoman wawancara, pertanyaan evaluasi, dan kuesioner. Hasil validasi menunjukkan bahwa kotak pintar sangat layak digunakan dalam pembelajaran Pancasila. Evaluasi diberikan oleh para ahli, khususnya 88% ahli media, 98% ahli materi, dan 90% ahli bahasa. Uji coba lapangan dilakukan dalam tiga fase: skala kecil (83%), skala menengah (89%), dan skala besar (90%). Efektivitas dukungan diukur menggunakan perhitungan N-Gain, yang menghasilkan skor 0,76, yang tergolong efektif. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa dukungan kotak pintar efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar
tentang nilai-nilai Pancasila.
| PGSD25/035 | PGSD 25/035 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain