Text
Pengembangan media pembelajaran kartu domino berbasis team games tournament untuk meningkatkan civic literacy siswa kelas IV SDN Cikoko 03 Pagi
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan kartu domino untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn, khususnya topik makna sila-sila Pancasila. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa serta terbatasnya media pembelajaran inovatif yang digunakan dalam pembelajaran PPKn, yang selama ini masih didominasi metode konvensional seperti buku cetak dan ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba terdiri dari 27 siswa kelas IV SDN Cikoko 03 Pagi. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, tes pretest dan posttest, serta angket respons siswa. Hasil validasi oleh ahli media, materi, dan bahasa menunjukkan skor rata-rata dengan kategori "sangat layak". Uji efektivitas memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,56 yang termasuk kategori sedang. Temuan ini membuktikan bahwa media kartu domino yang dikembangkan layak dan efektif dalam pembelajaran PPKn.
| PGSD25/039 | PGSD 25/039 | Prodi PGSD (Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain