Text
Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Layanan Pemerintah Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor
GEMALA RAHMAH JUWITA, NIM 15111029, Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat atas Layanan Desa Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, dibawah bimbingan Pak Asep Imam,SE,MM.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks kepuasan masyarakat
atas layanan Desa Bojongkulur. Tempat penelitian dilaksanakan di kantor Desa
Bojongkulur Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan userupproach.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penduduk aktif di
Desa Bojongkulur tahun 2016. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis yang
digunakan adalah Gap Analysis dan Importance Performance Analysis (IPA).
Dari analisis tersebut diperoleh persamaan analisis GAP :
Skor SERVQUAL = Skor Persepsi (P) – Skor ekspektasi (I)
-0.59 = 3.68 – 4.27
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dilihat dari uji beda, analisis tingkat
kesesuaian dan analisis kesenjangan kenyataan-harapan berdasarkan dari lima
dimensi SEVQUAL indeks kepuasan masyarakat atas layanan desa bojongkulur
belum sesuai dalam memenuhi harapan mahasiswa, (2) rata-rata gap dimensi
analysis menunjukan rata-rata >-1 sehingga indeks kepuasan masyarakat atas
layanan Desa Bojongkulur berdasarkan persepsi masyarakat belum sesuai harapan
masyarakat, (3) melakukan evaluasi dan perbaikan berdasarkan hasil pemetaan
melalui Importance Performance Analysis, dengan hasil dimensi keandalan
merupakan dimensi kualitas terendah dan perlu tindakan prioritas perbaikan.
SKR18/021 | SKR 18/021 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain