Text
Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor di Kecamatan Bogor Utara
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahu bagaimana Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di Kecamatan Bogor Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada pelanggan sebanyak 100 responden. Metode analisa menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang menjadi prioritas utama PDAM Bogor Utara yaitu harus cepat tanggap dalam mengatasi keluhan konsumen, menerima keluhan pelanggan sangat peka, peduli akan keinginan pelanggan. Atribut yang di pertahankan PDAM Bogor Utara adalah memberikan kelancaran untuk mengaliri air, memberikan kualitas air yang bagus sesuai standar, ketepatan pencatatan, proses pembayaran cepat, kerapihan dalam berpakaian. Atribut yang menjadi prioritas rendah PDAM Bogor Utara adalah kecepat pemberian informasi kepada pelanggan. Selain itu atribut yang berlebih di PDAM Bogor Utara adalah pelayanan administrasi pelanggan baru cepat, keramahan penerimaan pengaduan, pelayanan proses pembayaran sambungan baru jujur , keterampilan Petugas teknik dalam menangani gangguan teknik, terampil menangani proses pembayaran, petugas loket pembayaran melakukan komunikasi dengan baik, Kebersihan kantor secara umum baik, Ruang tunggu kantor pelayanan nyaman, terdapat sarana informasi yang jelas.
SKR18/102 | SKR 18/102 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain