Text
Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan PT. XYZ
Kemajuan teknologi telah mengubah secara dramatis sistem manajemen perusahaan. Peningkatan kinerja suatu perusahaan harus berdampak pada peningkatan kinerja keuangan, maka sudah selayaknya pandangan terhadap kinerja perusahaan dalam jangka panjang bukan saja dipandang dari sisi keuangan dan perusahaan harus membuat sistem pengukuran yang baik dari metode tradisional. Pengukuran yang lebih baik digunakan yaitu Balanced Scorecard. Balanced Scorecard merupakan sistem pengukuran kinerja yang berfokus pada aspek keuangan dan non keuangan yang memandang 4 perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah PT. XYZ dengan sampel karyawan sebanyak 30 responden dan untuk responden customer ditetapkan sebanyak 34 responden, karena total pelanggan hanya sebanyak 51 orang, namun demikian hanya didapatkan 30 responden yang berpartisipasi. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan studi literatur sebagai data utama. Hasil penelitian dengan menggunakan konsep Balance Scorecard menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. XYZ lebih baik dibanding tahun sebelumnya, namun untuk rasio TATO dan tingkat realisasi pendapatan (rasio efektivitas) masih kurang baik. Kinerja perspektif pelanggan PT. XYZ, menunjukkan nilai kepuasan yang baik untuk atribut produk dan jasa, citra perusahaan, dan hubungan pelanggan. Sedangkan untuk kinerja proses bisnis internal menunjukkan hasil yang baik pada proses inovasi, operasi, dan pelayanan purna jual. kepuasan karyawan juga menunjukkan hasil yang baik untuk kapabilitas karyawan, kapailitas sistem informasi, dan motivasi, pemberdayaan dan keselarasan. Kinerja PT. XYZ secara keseluruhan bisa dianggap secara keseluruhan baik.
SKR18/108 | SKR 18/108 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain