Text
Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard Pada PT Surveyor Indonesia (Persero)
Di dalam menghadapi persaingan di pasar global, perusahaan harus selalu
terpacu untuk meningkatkan kinerjanya secara terus menerus. Pada saat ini, faktor
keuangan bukanlah salah satu tolak ukur pengukuran suatu kinerja, melainkan
harus memperhatikan faktor non keuangan.
Metode pengumpulan data menggunakan data primer yaitu kuesioner dan
data sekunder yaitu data dari perusahaan seperti laporan keuangan. Metode
penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu penilaian yang dilakukan
berdasarkan jumlah sesuatu.
Hasil pengukuran kinerja balanced scorecard PT Surveyor Indonesia
menunjukkan hasil yang meningkat setiap tahunnya dari 2016 ke 2017 untuk
perspektif keuangan, peanggan, dan proses bisnis internal. Sedangkan untuk
perspektif pertumbuhan dan pembelajaran hasilnya cenderung konstan untuk
setiap tahunnya dari 2016 ke 2017.
Sebaiknya perusahaan dapat menerapkan pengukuran kinerja
menggunakan balanced scorecard karena tolak ukurnya menyeluruh tidak hanya
berdasarkan keberhasilan pencapaian target laba tetapi juga pelanggan, proses
bisnis perusahaan, dan pertumbuhan serta pembelajaran dari karyawan.
AKU18/064 | AKU 18/064 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain