Text
Perencanaan Target Costing dalam Upaya Menghadapi Persaingan Industri Manufaktur: Studi Kasus Pada PT. Cahaya Buana Intitama (Napolly).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk merancang strategic cost management dengan metode target costing pada PT. Cahaya Buana Intitama (Napolly). Target costing merupakan salah satu alat dalam manajemen biaya strategi yang bertujuan untuk meningkatkan
keunggulan kompetitif suatu perusahaan. Metode target costing membantu perusahaan dalam menghitung akurasi biaya produksi dan nonproduksi suatu barang atau jasa. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal
perusahaan dengan menggunakan analisis strength, weakneses, opportunity, threat (SWOT) dan Matriks SWOT untuk merumuskan strategi perusahaan. Selanjutnya melakukan analisis aktivitas-aktivitas perusahaan yang dibagi ke dalam tiga fase, yaitu fase hulu, fase operasi, dan fase hilir dengan menggunakan rantai nilai (value chain). Saat ini PT. Cahaya Buana Intitama (Napolly) cenderung berada pada posisi diferensiasi. Tahap selanjutnya, yaitu target costing. Target costing dilakukan dengan menggunakan produk yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan potensial. Penelitian ini berlaku pada dua jenis barang produksi, yaitu big boxer dan bangku plastik.
Selanjutnya, menetapkan harga untuk dapat menciptakan harga yang kompetitif. Kemudian, menurunkan target biaya dan analisis biaya dengan tujuan meminimalisir biaya untuk mencapai pendapatan yang optimal. Langkah terakhir, yaitu rekayasa nilai dengan tujuan untuk mengurangi biaya sesuai target dan mencapai kualitas
yang memenuhi pelanggan. Data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini melakukan analisis rantai nilai (value chain
analysis) dan SWOT terlebih dahulu untuk mengetahui faktor lingkungan internal dan eksernal perusahaan, posisi perusahaan dan mengidentifikasi aktivitas primer serta pendukung yang terdapat dalam perusahaan. Identifikasi keunggulan bersaing dari ruang lingkup eksternal dengan menggunakan analisis lima kekuatan Porter (Porter’s Five-Force Analysis) didapat bila PT. Cahaya Buana Intitama (Napolly) dapat lebih mengembangkan strategi yang dimiliki dan dapat melakukan strategi alternatif yang diberikan.
AKU19/013 | AKU 19/013 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain