Text
Pengaruh dan Perkembangan Underpricing Saham Setelah 1 Hari, 3 Bulan, dan 1 Tahun IPO
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan perkembangan kondisi underpricing saham dengan melihat 3 anomali waktu setelah IPO (1 hari, 3 bulan, dan 1 tahun). Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda 3 titik waktu. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 125 perusahaan dalam periode 2006-2017. Hasil penelitian adalah variabel persentase saham yang ditawarkan ke publik, financial leverage, dan nilai penawaran saham berpengaruh signifikan terhadap kondisi underpricing. Semakin tinggi persentase saham yang ditawarkan ke publik, maka semakin banyak investor yang membeli berarti saham cenderung mengalami kondisi underpricing. Oleh karena itu, jika persentase saham ditawarkan ke publik naik 1% maka underpricing akan meningkat sebesar 0.539%. Semakin tinggi financial leverage, maka semakin tinggi keuntungan yang didapatkan perusahaan dan meningkatkan minat investor sehingga saham cenderung akan mengalami kondisi underpricing. Jika financial leverage naik 1% maka underpricing akan meningkat sebesar 0.227%. Nilai penawaran saham berpengaruh signifikan dan negatif terhadap 3 titik waktu penelitian. Manfaat penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan variabel yang digunakan terhadap kecenderungan perusahaan mengalami kondisi underpricing.
SKR19/060 | SKR 19/060 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain