Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Central Asia KCP Bendungan Hilir Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah pada PT Bank Central Asia KCP Bendungan Hilir Jakarta. Adapun variabel yang diteliti, yaitu kualitas pelayanan (X1), citra perusahaan (X2) dan loyalitas nasabah (Y). Dari variabel kualitas pelayanan terdapat 5 dimensi, yaitu: bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan memberikan perhatian. Untuk variabel citra perusahaan
terdapat 4 dimensi, yaitu: kepribadian, reputasi, nilai dan identitas perusahaan.
Selanjutnya dari variabel loyalitas nasabah terdapat 3 dimensi, yaitu: repeat
purchase, customer retention, dan referalls. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif yang merupakan pengelolaan data hasil dari wawancara yang berupa pernyataan kuesioner kemudian diolah melalui aplikasi statistik menggunakan smartPLS v.3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial uji t melalui hasil path coefficients, terdapat pengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung > t tabel (6.485 > 1.96) dan juga pengaruh positif citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung > t tabel (2.356 > 1.96). Adapun pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y dibuktikan dengan hasil R-square dengan nilai sebesar 0.837, yang dapat diartikan bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas nasabah sebesar 83.7% sedangkan 16.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti seperti, kepuasan nasabah, promosi, dan kualitas produk.
SKR19/005 | SKR 19/005 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain