Text
Pengaruh Celebrity Endorser, Kreativitas Iklan dan E-Service Quality Terhadap Minal Beli Situs Belanja Online Tokopedia (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia di Kota Jakarta)
Pada era kehidupan modern, berbagai macam hal ditawarkan dalam
bentuk kemudahan dan kepraktiksan untuk berbelanja di situs online. Dalam mengiklankan produknya, perusahaan biasanya menggunakan sosok selebriti sebagai bintang iklan yang disebut juga sebagai Celebrity Endorser. Selain faktor Celebrity Endorser, faktor lain yang dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan minat pembelian adalah Kreativitas iklan dan E-Service Quality. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Celebrity Endorser, Kreativitas Iklan, dan E-Service Quality secara parsial maupun simultan terhadap Minat Beli Situs Belanja Online Tokopedia (Studi Kasus Pada Konsumen Tokopedia di Kota Jakarta).
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di situs online Tokopedia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling peneliti mengambil sampel yang kebetulan ditemuinya pada saat itu jumlah sampel sebesar 100 responden dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang analisis menggunakan SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser (X1) dan variabel kreativitas iklan (X2) tidak berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y) sedangkan variabel e-service quality (X3) berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) variabel independen meliputi celebrity endorser, kreativitas iklan dan e-service quality terhadap minat beli menjelaskan sebesar 43,4% variabel dependen yaitu minat beli, dan sisanya yaitu 56,6% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.
SKR19/075 | SKR 19/0175 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain