Text
Analisis Marjin Kontribusi Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba pada CV X.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marjin kontribusi paket wisata CV X. Selain itu untuk mengetahui batas penjualan perusahaan agar tidak mengalami kerugian serta penjualan yang harus dicapai apabila ingin mencapai target laba yang diinginkan.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marjin kontribusi untuk setiap paket yang terjual di tahun 2018 untuk paket wisata ke Malang sebesar 9%, Bandung Rp.3%, Yogyakarta Rp.6% dan 11% serta Subang Rp. 0,48% Sedangkan untuk marjin kontribusi secara keseluruhan sebesar Rp. 22.154.550 dengan presentase marjin kontribusi sebesar 7% dari total penjualan tahun 2018. Batas penjualan yang harus dipertahankan agar tidak mengalami kerugian atau analisis Break event point (Titik Impas) CV X sebesar Rp. 1.024.875.000. Sedangkan perusahaan hanya mencapai penjualan sebesar Rp.297.700.000 sehingga perusahaan mengalami kerugian karena tidak dapat menutupi biaya tetap yang terjadi. Apabila perusahaan ingin mencapai laba yang diinginkan yaitu Rp. 5.000.000, maka CV X harus mencapai penjualan sebesar Rp. 1.161.442.757 .
AKU19/032 | AKU 19/032 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain