Text
Pengaruh Pemahaman Tarif Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku E-Commerce.
Penelitian ini berjudul Pengaruh Pemahaman Tarif Pajak, Lingkungan Wajib Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku E-Commerce. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pergeseran transaksi jual beli dari konvensional ke digital serta rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pemahaman tarif pajak, lingkungan wajib pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku usaha bisnis online. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel adalah metode Simple Random Sampling sebanyak 353 kuesioner yang dibagikan serta di terima dan semuanya dapat diolah. Sampel yang di gunakan adalah para pelaku usaha bisnis online yang menjalankan usahanya di daerah DKI Jakarta. Data yang dikumpulkan diolah dengan alat STATA 13 dengan melakukan Uji Goodness Of Fit (uji kelayakan model) dan hasilnya menunjukkan bahwa data yang diolah menunjang bentuk SEM yang dibentuk, dan melakukan Uji Structural.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman tarif pajak memiliki nilai z hitung sebesar 3,05 dan kesadaran wajib pajak memiliki nilai z hitung sebesar 2,10, kedua variabel tersebut memiliki nilai z hitung > 1,96 sehingga berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Variabel lingkungan wajib pajak memiliki nilai z hitung sebesar 1,02 < dari 1,96 sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
AKU19/050 | AKU 19/050 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain