Text
Pengaruh Agresivitas Pajak Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia Tahun 2016-2017).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sampel penelitian menggunakan 24 perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia dan 34 perusahaan industri barang konsumsi di Malaysia selama 2 tahun yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia pada tahun 2016-2017, dengan total keseluruhan sampel 116 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder, didapat dari laporan keuangan dan laporan tahunan yang dikeluarkan oleh perusahaan setiap tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agresivitas pajak berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Uji sensitivitas yang dilakukan di masing-masing negara menunjukkan hasil yang konsisten dengan hasil penelitian, bahwa agresivitas pajak berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility, baik itu di negara Indonesia maupun di Malaysia. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan industri barang konsumsi di Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia. Perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya adalah sampel yang digunakan yaitu perusahaan industri barang konsumsi di 2 negara, Indonesia dan Malaysia.
AKU19/061 | AKU 19/061 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain