Text
Penerapan Customer Profitability Analysis dengan Metode Activity Based Costing : Studi Kasus pada Perusahaan Binatu.
Perusahaan binatu memiliki tiga kelompok pelanggan yaitu: hotel, perusahaan dan counter. Dalam menghitung laba, perusahaan sulit untuk menilai kelompok pelanggan mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan. Hal ini terjadi karena perusahaan menghitung laba secara keseluruhan. Maka, customer profitability
analysis digunakan untuk menilai laba per kelompok. Lebih dengan customer classification matrix. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus.
Hal ini memungkinkan untuk menyelidiki suatu kasus yang dapat memberikan dalam proses menjelaskan bagaimana kasus tertentu terjadi. Hasil dari penelitian ini ialah dari 3 kelompok pelanggan (hotel, perusahaan dan counter) yang
menggunakan jasa perusahaan binatu, kelompok pelanggan hotel dan kelompok pelanggan perusahaan memberikan keuntungan yaitu sebesar Rp 6.004.005.423 (carriage trade) dan Rp 49.325.583 (bargain basement). Sedangkan kelompok pelanggan counter memberikan kerugian terhadap perusahaan binatu sebesar
(Rp138.204.332) yang masuk ke dalam bargain basement.
AKU19/064 | AKU 19/064 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain