Text
Analisis Profitabilitas Pelanggan dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing pada Vast Consulting.
Perubahan kondisi bisnis yang menyebabkan persaingan pasar tidak lagi ditangan produsen tetapi beralih ke tangan konsumen. Keadaan tersebut membuat setiap organisasi melayani pelanggannya dengan lebih baik, karena tidak semua pelanggan memberikan kontribusi laba positif bagi perusahaan. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan bagaimana perhitungan profitabilitas pelanggan untuk mengelola pelanggan-pelanggan melalui analisis profitabilitas pelanggan.
Objek penelitian ini adalah Vast Consulting yang merupakan perusahaan jasa bergerak dalam bidang keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 35 pelanggan. Metode penelitian ini yaitu mengidentifikasi biaya dan aktivitas, analisa dari tiap-tiap pusat aktivitas, menghitung tarif konsumsi setiap aktivitas, menganalisis penggunaan biaya per pelanggan, analisis profitabilitas pelanggan, mengklasifikasikan pelanggan ke
dalam Customer Classification Matrix.
Hasil penelitian ini adalah dalam customer classification matrix, pada tahun 2018 yang termasuk kelompok pelanggan passive hanya pelanggan M. Pelanggan E, J, K, P, Q, dan Z adalah kelompok pelanggan carriage. Pelanggan A, B, C, F, G, H, I, L, N, R, S, T, U, V, W, Y, AA, AB, AC, AD, AE, AF, AH, dan AI selama tahun 2018 termasuk ke dalam pelanggan bargain basement. Sedangkan kelompok pelanggan aggressive adalah D, O, T, X, dan AG.
Pada kenyataannya, terdapat beberapa pelanggan yang membutuhkan cost to serve yang besar. Pada akhirnya kontribusi keuntungan yang diberikan pelanggan tersebut menjadi kecil atau bahkan merugikan perusahaan.
AKU19/065 | AKU 19/065 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain