Final_Project
Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika untuk Kelas 6 Sekolah Dasar.
Aplikasi ini adalah sebuah perangkat lunak yang membantu proses belajar matematika untuk kelas 6 sekolah dasar pada SDN Mustika Jaya 5 Bekasi. Aplikasi ini berbasis multimedia yang memaduka unsur teks, grafik, animasi, interactive link dan audio.
Penulis mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan untuk membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Disamping itu, aplikasi ini bersifat interaktif, sehingga dapat menambah minat siswa kelas 6 di SDN Mustika Jaya 5 dalam mempelajari matematika.
Penulis mengumpulkan data yang terdiri dari studi pustaka, mode interview, dan penyebaran kuisioner. Serta metode pengembangan aplikasi yang meliputi mendefinisikan masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang naskah, merancak grafik, memproduksi aplikasi, melakukan uji coba aplikasi dan menggaunakan aplikasi.
Untuk mendukung pengembangan aplikasi ini, penulis menggaunakan perangkat lunak Macromedia Flash CS6, Soud Recordeing sebagai software perekam suara, Adobe Photoshop CS6 dan Adobe illustrator sebagai software pembuatan grafik, Adobe After Effect CS6 sebagai software pembuatan animasi dan motion grafik, dan Adobe Premiere Pro CS6 sebagai software penggabungan audio.
Penelitian ini menghasilkan perangkat ajar matematika kelas 6 SD berbasis Multimedia yang isinya sesuai kurikulum terbaru. Aplikasi ini dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD) interaktif yang berukuran 14.3MB dan resolusi layer 1080 x 720 pixel.
Untuk tahap penelitian selanjutnya penulis mengharapkan pengembangan yang lebih dari aplikasi yang sudah dibuat seperti penyajian animasi yang lebih menarik, pemberian soal latihan yang lebih lengkap disertai pembahasan jawaban.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain