Text
Kaizen Costing sebagai Perbaikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada E-commerce : Studi Kasus PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek).
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kaizen costing sebagai perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan keunggulan bersaing pada ecommerce. Kaizen banyak diterapkan pada perusahaan Jepang dengan konsep 3M (Muda, Mura, Muri) dan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) yang dapat
membantu manajemen dalam mengelola tempat kerja, meningkatkan kedisiplinan karyawan, mengurangi limbah, meningkatkan kualitas dan efisiensi perusahaan. Ecommerce yang dijadikan sebagai objek kajian ialah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek Indonesia) yang melibatkan karyawan, driver, dan pelanggan sebagai sampel kajian. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis data melalui analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan program Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil survei, tanggapan responden dan kondisi perusahaan menyimpulkan bahwa Go-Jek telah menerapkan konsep kaizen costing dalam menghadapi persaingan e-commerce. Namun, hanya variabel Muri, Seiso, Seiketsu, Shitsuke yang hanya berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Hal tersebut dikarenakan banyaknya responden yang belum merasakan efektivitas perusahaan dalam menerapkan kaizen costing.
AKU19/073 | AKU 19/073 | Prodi Akuntansi (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain