Text
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Shopee di Jakarta)
Bisnis online (e-commerce) di Indonesia bahkan di dunia semakin berkembang dan bertambah setiap tahunnya. Meningkatnya popularitas belanja online dapat dilihat dengan meningkatnya pula jumlah transaksi online yang telah dilakukan. Hal ini menyebabkan lingkungan bisnis online (e-commerce) menjadi serba cepat dan hiperkompetitif sehingga penjual perlu memiliki strategi yang tepat untuk dapat bertahan. Serta memahami perilaku konsumen dan hal atau faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian online pada konsumen Shopee di Jakarta. Yang membahas tentang perkembangan bisnis online dan pengaruh perilaku konsumen dan mengapa masyarakat Jakarta memutuskan memilih Shopee dalam pembelian online.
Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang disebar kepada 100 responden di Jakarta yang merupakan konsumen Shopee dan pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Metode analisis yang digunakan adalah EFA (Exploratory Factor Analysis) dikarenakan faktor-faktor yang belum diketahui oleh peneliti, dan diuji analisis menggunakan software SPSS 23.
Dari hasil pengujian factor analysis didapatkan tiga faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian online melalui Shopee. Faktor-faktor tersebut yaitu faktor fitur, faktor pelayanan, dan faktor sistem.
SKR19/149 | SKR 19/149 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain