Text
Pengaruh Perceived Ease of Use, Word of Mouth, dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Jasa Gojek di Jakarta
Perkembangan di industri transportasi berkembang dengan sangat pesat. Peningkatan jumlah kendaraan bermotor tentunya searah dengan peningkatan kemacetan di Indonesia terutama di kota-kota besar. Sehingga untuk dapat menunjang mobilitas masyarakat yang tinggi, sangat diperlukan moda transportasi yang efektif untuk dapat menghindari atau mengurangi kemacetan. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut, saat ini telah lahir beberapa perusahaan penyedia aplikasi transportasi online salah satunya ojek online Gojek. Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perceived Ease of Use,Word of Mouth, dan Brand Image terhadap keputusan penggunaan ojek online Gojek di Jakarta Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna GOJEK di Jakarta Sebanyak 100 responden. Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel independen yaitu perceived ease of use, wordof mouth, dan brand image, sementara variable dependen yang digunakan adalah keputusan penggunaan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan program pengolahan data SmartPLS versi 3.0. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan google form melalui social media yaitu whatsapp dan line. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel word of mouth , dan brand image berpengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan jasa Gojek di Jakarta, sedangkan variabel perceived ease of use tidak berpengaruh terhadap keputuasn penggunaan layanan jasa Gojek di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari nilai T-Statistic word of mouth sebesar 4,883 (T signifikan 5% =1,96), brand image sebesar 3,103 (T signifikan 5% =1,96) dan perceived easeof use sebesar 0,884 tidak siginifikan (T signifikan 5% = 1,96).
SKR20/091 | SKR 20/091 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain