Text
Pengaruh Implementasi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Mobil Toyota Yaris
Persaingan di industri otomotif Indonesia semakin ketat, yang juga dipicu masuknya para pesaing baru dalam industri ini. Oleh sebab itu, kegiatan pemasaran harus metepatkan strategi yang tepat agar produknya dapat diterima oleh pasar dengan baik. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh pelaku industri otomotif Indonesia, khusunya pada produk kenadaraan roda empat yaitu dengan strategi bauran pemasaran. Penerapan strategi tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan penjualan unit kendaraan serta menempatkan perusahaan pada poisisi Top of Mind di benak konsumen. Penelitian ini secara parsial bertujuan
untuk mengetahui pengaruh product, price, promotion, dan place terhadap penjualan mobil Toyota Yaris. Sedangkan secara simultan untuk mengetahui pengaruh product, price, promotion, dan place secara bersama-sama terhadap penjualan mobil Toyota Yaris. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah konsumen mobil Toyota Yaris. Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan penarikan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling, maka besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner untuk diisi responden. Metode analisis data yang vi digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 24.00. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel product, price, promotion, dan place berpengaruh terhadap penjualan mobil Toyota Yaris. Sedangkan secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa product, price, promotion, dan place secara bersama-sama berpengaruh terhadap penjualan Mobil Toyota Yaris. Disarankan kepada pihak perusahaan harus terus mempertahankan kualitas dari produk yang adalah variabel tertinggi secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap penjualan Mobil Toyota Yaris, untuk terus bersaing dengan merk lain dalam upaya meningkatkan penjualan. Disarankan kepada penelitian selanjutnya perlu adanya penelitian lain yang dapat meneliti lebih luas mengenai permasalahan bauran pemasaran terhadap penjualan Mobil Toyota Yaris dengan menambah variabel-variabel yang lain yang dapat mempengaruhi penjualan Mobil Toyota Yaris.
SKR20/115 | SKR 20/115 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain