Text
Pengaruh Strategi Bisnis, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Manajemen Laba
Saat ini, perkembangan dunia bisnis di indonesisa sudah semakin pesat, dari mulai dari era digitalisasi yang di tandai dengan kemajuan teknologi, lingkungan yang cepat berubah dan semakin sulit untuk diprediksi. Hal ini pun berdampak pada konsumsi masyarakat yang mengakibatkan persaingan di dunia bisnis menjadi semakin ketat dan akan terus meningkat sehingga dapat mempengaruhi kinerja perusahaan, khususnya bagi perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur. Tujuan ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi bisnis, ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap manajemen laba (studi empiris pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2015-2018). Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purpsive sampling dan terdapat 14 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel yang dibutuhkan. Analisis pada penelitian ini menggunakan spss. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba. Strategi bisnis, umur perusahaan, leverage, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
SKR20/139 | SKR 20/139 | Prodi Manajemen (Ruang Skripsi & Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain